"Strategi Pemasaran Buku di Masa Covid19 "

 

Pada kuliah belajar Menulis bersama omjay Pak Agust Dari  Penerbit Andy⁩  Akan menjelaskan tentang "Strategi pemasaran buku"

Mengenai Materi Strategi Pemasaran buku di saat pandemi  covid 19 ini Ibu Aam Nurhasanah sebagai  moderator  mempersilahkan bagi yang ingin bertanya selesai pemberian materi oleh pak Agust nanti agar japri ke  no wa nya dengan format nama, alamat, gelombang dan pertanyaan.

Pak Agust mulai menjelaskan tentang Bagaimana dampak penjualan buku selama ini .

Dengan adanya convid19 ini jaringan toko buku diseluruh Indonesia  seementara mengalami Kerugian dalam kurun waktu hampir 4 bulan ini .Diketahui juga dengan dampaknya covid19 ini banyak orang yang takut datang ke toko buku maupun mall-mall yang ada  .Terjadi penurunan omset toko buku kurang lebih 70% sampai 80% . Banyak penerbit yang berhenti distribusi ke toko buku dan ada yang gulung tikar maupun bangkrut.Dimulai pertengahan Februari Toko buku Gramedia  sudah mulai turun drastis dan April awal sudah mengalami penurunan lagi sampai akhirnya tutup .Mulai merangkak naik lagi pertengahan Juni tapi turun  di awal Juli .Mulai mengalami kenaikan untuk pengunjung blog toko buku Gramedia khususnya yang dibuka khusus untuk sesuai dengan protokol covid 19

Penerbit buku perlu melakukan strategi yaitu pentingnya bagaimana kita mentransformasi digital dengan dampak pandemi covid 19 telah mengubah dunia menuju era ekonomi .Era ini ditandai dengan interaksi antar individu yang minim sentuhan fisik atau harus cek kesehatan dan keselamatan perilaku yang baru harus bergeser ke sektor-sektor industri terutama sektor industri . Perubahan ini tentu akan berdampak ke banyak hal mulai dari tempat bekerja, cara belajar mengajar. Sebagai seorang guru maupun dosen ini pasti juga cara belajar dan mengajar nya  berubah,kehidupan keluarga hingga aktivitas sosial itu mengalami perubahan yang begitu pesat dan besar dalam menghadapi pandemi Corona ini. Untuk itu strategi yang paling utama yang di pakai dalam pemasaran buku ini adalah digital marketing dalam melakukan transportasi mendasar pada bisnis penerbitan buku , harus tetap berhubungan dengan pelanggan buku di media sosial, buku yang kita jual itu mudah ditemukan di online yaitu dengan cara ini baik di dalam website kita dan semua market place market price yang kita hubungi baik itu maka semua Market place ada  di Indonesia ini , ada Bukalapak ada di Tokopedia ada shopee dan lain-lain.  Juga membangun hubungan ke riseller memasarkan buku-buku ke konsumen dan tak luput juga melakukan ke media sosial yang lainnya semacam wa Facebook ,Instagram, YouTube dan sebagainya.Itu juga memastikan  bahwa untuk mempertahankan buku supaya tetap di minati oleh konsumen. Selanjutnya untuk terus bisa mempertahankan dari strategi penjualan buku  dalam kondisi saat ini adalah pemasaran yang paling efektif adalah lewat  komunitas. Komunitas inilah yang lebih tinggi dari penjualannya dengan komunitas-komunitas yang ada sesuai dengan kategori produk yang kami miliki misalkan produk-produk untuk novel itu juga kita akan masuk ke komunitas-komunitas novelis kalau ke komunitas guru yang berkenaan sarana penunjang pendidikan itu juga bisa lewat komunitas ini . Komunitas inilah yang akan membentuk dan menghubungkan tentang informasi produk . Jadi harus bisa selalu tampil yang pertama itu strategi untuk memanfaatkan pemasaran buku di saat sedang menghadapi konflik ini . Harus bisa selalu tampil yang pertama yang tercepat dan tepat sasaran sesuai dan kategori pasar yang kita bidik. Harus punya tim yang mengerti tentang pemasaran lewat digital marketing, selanjutnya   tepat dalam merespon setiap ada yang kepingin membeli buku  harus respon dan cepat juga dalam mengirimnya setelah ada transaksi carikan juga informasi buku yang sesuai keinginan konsumen yang telah menghubungi kita dan juga kalau ada komplain harus cepat memberikan suatu solusi yang jelas dan apa adanya sehingga di situ ada keakuratan ketepatan singkat terukur dan terencana. Dalam hal memberikan solusi terhadap konsumen berikan penjelasan yang lebih detail. Masih ada banyak strategi yang lain yang untuk bisa mempertahankan dalam hal penjualan pemasaran buku ini tetap bisa kita bertahan supaya tetap eksis juga bisa menggunakan sistem marketing.Marketing ini salah satu strategi yang sedang sangat keren sekali dengan menggunakan internet yang sangat besar maka peluang mobil marketing ini semakin besar peluangnya.  Bisa juga menggunakan email marketing, untuk menargetkan pelanggan Dan cukup efektif untuk menghubungi lewat email ini. Jika jumlah pelanggan kita meningkat dan juga ada edukasi yang dapat dilakukan secara terus-menerus, cara lain untuk mempertahankan pemasaran buku itu bisa memakai strategi pemasaran yang lebih menakutkan pelanggan secara personal atau yang dikatakan personalized marketing. Dapat menampilkan iklan atau informasi  yang mampu mengidentifikasi kebutuhan pelanggan secara personal melalui karakteristik pencarian terhubung dengan internet dan karakter yang sesuai dengan konsumen tersebut. Untuk mempertahankan pemasaran buku ini dengan sistem memakai strategi continuous marketing  dapat dievaluasi dengan cara yang sangat akurat.  harus terintegrasi digital marketingnya  artinya terintegratif digital marketing yaitu adalah cara bagaimana marketing yang menggabungkan seluruh digital marketing digunakan dalam sebuah website atau tool dengan menggunakan integrated marketing.  Aktivitasnya akan dapat berjalan sekaligus dengan cara kerja yang sangat sederhana tetapi memiliki dampak yang luar biasa dalam marketing. Dalam hal pemasaran buku ini kita juga harus menggunakan suatu content marketing yang menarik,karena  bisa menarik konsumen dengan beragam informasi yang disediakan di dalam website tersebut sekalian informasi yang dibuat bisa berupa artikel atau teks atau video gambar atau bahkan hasil riset tertentu itu. Harus carikan artikel artikel yang sesuai dengan konten yang akan kita pasarkan berikan suatu gambaran berikan video dan sebagainya itu cara-cara yang menarik untuk konsumen jika content marketing ini harus bener-bener mempunyai bobot yang baik di benak konsumen dan bermanfaat untuk dibeli oleh konsumen dalam pemasaran buku itu juga perlu kita menghadirkan dalam digital marketing ini adalah visual marketing karena visual marketing ini sangat penting tidak hanya untuk di dunia nyata tetapi juga bisa di dunia maya seperti Instagram dan juga YouTube dan juga visual promosi yang lain yang dibutuhkan.

Google Edward  adalah suatu aplikasi untuk meningkatkan suatu performa marketing ,merupakan sarana berbayar namun potensi yang dihasilkan dari Google Edward ini sangat besar sehingga Google ini yang dikenal dengan divisi,juga merupakan sebuah metode, melalui search engine Google atau OK. Dengan adanya kebijakan terkait dana BOS atau bantuan operasional sekolah ini itu banyak manfaatnya karena di dalam kebijakan terkait dana BOS bantuan operasional sekolah dari pemerintah ini tiap sekolah boleh untuk mengembangkan perpustakaan.

Penerbit Andy juga menyediakan dan melayani pembelian buku dari Dana BOS Melalui SIPlah (Sistem Informasi Pembelian buku sekolah) ,memakai market place,belajar .com. Selain itu juga menyediakan Buku teks utama K13 ,buku pelajaran untuk pendamping,dan buku pelajaran peminatan dan lain sebagainya sampai kelas SMA ,juga buku perpustakaan,olah raga da kesenian.

Selamat berjuang karena menulis adalah suatu perjuangan ,penulis adalah pahlawan yang akan dikenang selamanya,lembaran karya adalah medan pertempuran, pena adalah  senjatanya,Buku adalah gudang ilmu,kuncinya adalah membaca,membaca adalah jendela,jendela dunia.

 Panduan Pembelian Belanja Instan SIPlah Bisa di cek di : https://youtu.be/LVCWSP0gHbk

Dalam Marketing antara penulis dengan penerbit bekerja sama dengan bedah buku dan webinar dan promo bersama,sehingga saling menguntungkan dan mendapatkan hak royalti pada penulis.Penerbit akan memberikan  30 % bagi yang ingin menerbitkan sendiri bukunya.

Peran yang diharap kan penulis bisa berkolaborasi lewat medsos dan komunitas yang ada sehingga buku bisa sama-sama meningkatkan penjualannya,karena tidak bisa bergerak sendiri,sehingga bisa bersama memasarkan produk melalui webinar,bedah buku,zoom,live streaming,dan lain sebagainya.

Peran para guru dapat membangkitkan semangat membaca kepada peserta didik,dengan memberi motivasi gemar membaca,sehingga siswa dan guru menjadi optimis dan berdampak bisa membaca buku perpustakaan di sekolah masing-masing,bisa juga dengan memberikan siswa tugas/ pr membaca di rumahnya masing-masing sesuai dengan kondisi sekarang ini yaitu covid 19.

Stimulus yang diberikan kepada penulis:rabat/diskon kepada penulis dan guru,dari hasil penjualan,sehingga selain menambah incom keluarga, penulis/guru juga mendapatkan doorprize seperti buku sebagai sampel contoh penawaran komutinatasnya/sekolahnya.

 Demikian Materi Pemasaran Buku yang singkat padat dan jelas dan Luar Biasa dari Pak Agus,semoga kita sebagai penulis menjadi semakin bersemangat untuk menulis kedepannya.

Sekian dan Terima kasih.

Ni Nyoman Seriati S.Pd.AUD

seriati14.blogspot.com


 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Satua Bali Ni Timun Mas

Guru masa New Normal Juli

PEMBELAJARAN DARING & LURING DENGAN MEMANFAATKAN RADIO EDUKASI