RESUM WEBINAR KANGGE KENYEM RARE BALI

 


Webinar dalam rangka merayakan 24 tahun Pradnyagama yang berjudul "Kangge Kenyem Rare Bali" .
Webinar ini diselenggarakan gratis yang diperuntukkan kepada seluruh kepala sekolah dan guru se provinsi Bali dan membahas tentang bagaimana memahami perkembangan siswa dan aspek-aspek psikologi yang dapat menunjang kesuksesan siswa.

Webinar ini dilaksanakan dari tanggal 3 sampai 6 Mei 2021 mulai dari pukul 09.00 sampai 12.00 wita melalui aplikasi  zoom.
Untuk tingkat TK atau taman kanak-kanak mendapat urutan di hari pertama yaitu pada hari senin,3 Mei 2021 dengan nara sumbernya yaitu Ibu Retno IG Kusuma yang tiada lain Beliau adalah seorang  Psikolog.

Acara dibuka Dede dendra sebagai MC yang sebelum acara dimulai Pak Dede menjelaskan bahwa adapun metode dari pradnyagama yaitu tes potensi kecerdasan pradnyagama.

Yang pertama adalah Tes Potensi Kecerdasan adalah tes psikologi yang mengukur potensi kecerdasan anak dengan alat/materi tertentu yang sudah terstandar baku di indonesia.Terlepas dari anak bisa calistungatau tidak,anak dapat mengikuti tes potensi,kecerdasan yang dilakukan oleh tenaga profesional.Bila anak sudah melakukan tes potensi kecerdasan,tes akan di analisa,dan hasilnya berupa skor IQ.Tes ini dilakukan secara individual one by one dengandurasi waktu kurang lebih 30-45 menit,tergantung kondisi masing-masing anak

Yang kedua Laporan Tes Potensi Kecerdasan yang berisi tentangpemaparan aspek potensi kecerdasan,skor IQ/sesuia usia kronologi anak,Rekomendasi/DS/DSC/DPC,serta catatan khusus jika ditemukan indikasi tertentu

Yang Ketiga Webinar Cara Membaca Laporan Dengan Psikolog seperti sesi diskusi daring yang diberikan oleh Pradnyagama kepada pihak sekolah untuk memfasilitasi guru dalam memberikan penjelasan hasil tes potensi kecerdasan kepada orang tua.Sesi ini berlangsung dengan durasi waktu 60 menit,dengan narasumber Psikolog Pradnyagama.

Untuk sesi TK atau taman kanak-kanak hari ini hanya 1 hari .MC mengingatkan peserta akan ada link absensi yang sudah tersedia di kolom chat dan paling lambat mengisi pada pukul  13.00 wita .Materi dan proposal kerjasama dapat didownload di link di bawah ini yaitu :http://psikologibali.com/kangge-kenyem-rare-bali.
Selain itu juga materi  akan dibagi di-email. Sertifikat akan dibagikan maksimal H+14 
Pengumuman tempat pengambilan sertifikat akan diumumkan melalui email atau WA group.

MC menjelaskan bahwa benefit bekerja sama pradnyagama mempunyai 3 hal seperti

1.Penawaran Spesial : Yaitu Lembaga sekolah yang bekerja sama dengan Pradnyagama mendapatkan penawaran harga menarik yang dapat menyesuaikan dengan jumlah anak yang mengikuti kegiatan tes potensi kecerdasan 

2.Webinar cara baca hasil tes yaitu:Pradnyagama membatu guru pada sesi pemaparan hasil tes potensi kecerdasan ke orang tua melalui webinar dengan nara sumber psikolog dari Pradnyagama.

3.Webinar Gratis untuk guru/Orang Tua: Pradnyagama menyediakan bonus satu kali webinar dengan tema Psikologi.Sekolah dapat memilih,webinar diperuntukkan bagi guru atau orang tua siswa.Sesi Webinar dilakukan setelah penerimaan rapot/hasil belajar siswa.Narasumber webinar menghadirkan Psikolog Senior,Ibu Retno IG Kusuma,M.Kes,Psikolog.

Namun Benefit ini hanya berlaku di perjanjian kerjasama hingga Bulan Juni tahun 2021.
Webinar cara baca hasil tes webinar gratis untuk guru dan orang tua benefit ini hanya berlaku di perjanjian kerjasama hingga bulan Juni tahun 2021

Acara setelah dibuka oleh MC dilanjutkan dengan narasumber yaitu Ibu Retno IG Kusuma,M.Kes,Psikolog.

Dalam mengoptimalkan kematangan pendidikan prasekolah yang tepat stimulasi keseimbangan otak kiri dan otak kanan melalui aktivitas psikomotor dukungan orangtua dan pemahaman kemampuan anak serta aktivitas sosial di rumah stimulasi aspek kognitif melalui cara bermain sambil belajar dan belajar sambil bermain
5 dimensi NEGP (National Education Goals Panel )kesiapan anak baik secara fisik atau psikomotor psikososioemosi ,bahasa dan kognitif maupun motivasi dan sikap belajar sehingga mampu melakukan tugas-tugas perkembangan periode sekolah secara baik.

Tugas perkembangan periode anak sekolah menurut (Havighurt hot tahun 1974) 

Pertama yaitu ketangkasan fisik sikap sehat terhadap diri sendiri dan belajar kemandirian sebagai individu yang tumbuh .

Kedua belajar memahami peranan jenis kelamin bersosialisasi dengan teman sebaya belajar bersikap terhadap kelompok dan lembaga atau sekolah.

Ketiga  belajar membaca menulis berhitung serta pengertian-pengertian kehidupan sehari-hari.Yang Keempat  perkembangan moralitas kata hati dan skala nilai-nilai sesuai dengan norma yang berlaku.

Otak kiri mengatur bagian tubuh sebelah kanan bekerja untuk mengingat kata-kata matematika verbal logis fakta analisa syair nyanyian lineal detail dan lebih teratur sedangkan otak kanan cenderung kepada kreatif warna artistik visualisasi intuisi gagasan khayalan holistik musik bentuk dan ruang.

Dari tingkat kematangan anak laki-laki dan anak perempuan bisa dilihat dari jika anak perempuan bisa masuk SD usia 4 tahun atau 5 setengah tahun akan tetapi anak laki-laki sebaiknya sekolah SD yaitu umur 7 tahun.Tak Heran jika pada usia sekolah banyak perempuan mendapat ranking di kelasnya,lebih cepat kemampuan membaca dan menulisnya.Pada Usia 0-6 tahun otak kanan dan kiri perempuan tumbuh dengan kecepatan yang berimbang.Otak kiri pada perempuan berkembang lebih cepat daripada laki-laki.


Pada usia 6 sampai 12 tahun otak kanan dan kiri laki-laki akan mulai berkembang dan baru berkembang beriringan dengan anak perempuan menginjak usia 18 tahun .Laki-laki akan menduduki posisi penting semisalnya ketua senat ,ketua BEM, memimpin orasi dan lain sebagainya. Sedangkan perempuan akan kembali ke fitrah yakni menjadi seksi konsumsi, bendahara, sekretaris dan sebagainya. Mungkin inilah yang menjadi alasan mengapa di beberapa negara di luar negeri anak laki-laki dan perempuan belajar di tempat terpisah. Anak laki-laki akan belajar dengan praktek secara langsung menggunakan komputer robotik dan lain-lain sedangkan anak perempuan akan cukup meski belajar hanya dengan kertas dan buku.

Tentang kematangan fisik dan psikomotor anak-anak pada saat ini sudah mampu mengendalikan fungsi-fungsi tubuhnya atau toilet training .anak juga koordinasi motorik kasar seperti berjalan berlari melompat menangkap bola dan lain sebagainya. Kontrol fungsi psikomotornya dan keterampilan menggunakan alat tulis (koordinasi motorik halus)

Dari segi kematangan psikologis kepercayaan diri kemandirian, rasa tanggung jawab, tenggang rasa terhadap kegagalan, ketahanan terhadap stres dan kontrol perilaku menunjukkan kematangan psikologis dari anak.

Pada aspek kematangan kognitif terlihat dari kemampuan anak berkonsentrasi, memahami perintah dan menjaga rentang perhatian, daya tangkap dan daya ingat terhadap materi-materi skolastik yaitu seperti angka dan huruf ,motivasi belajar dan rasa ingin tahu anak sangat jelas ,kreativitasnya berpikir penalaran logis dan inisiatif memecahkan masalah, serta tanggung jawab terhadap penyelesaian tugas-tugas akademik.

Mengoptimalkan Kematangan dengan cara :

*Pendidikan Prasekolah yang tepat

*Stimulasi keseimbangan otak kiri dan otak kanan melalui aktivitas psikomotor

*Dukungan Orang tua dan pemahaman anak serta aktivitas sosial di rumah

*Stimulasi Aspek Kognitifmelalui cara bermain sambil belajar dan belajar sambil bermain

Berikut salah saqtu gerakan yang dapat dipakai senam sambil bernyanyi:

 

Lagu:
Mari kita bersenam otak diawali dengan pemanasan sakelar otak.

Langkah pertama tekan dan gosoklah bergantian

Ref: lompat kiri lompat ke kanan

 tangan diangkat lain dilemaskan

 pasang telinga supaya dengar umpan balik cerita Mantap sudah hafal syair lagu puisi mudah berfikir mantap menanggap

Ref :Delapan tidur mari ikuti kepala diam mata gerakan ingat otak dua belahan kiri berpikir kanan rasakan 

Ref: Dampak gerakan senam otak ,Dua belahan otak seimbang anak berkembang jiwa dan raga suasana kelas riang gembira


Sekian Dan Terima kasih


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Satua Bali Ni Timun Mas

Guru "MERDEKA"melalui Aplikasi Game