Self Driving For Teacher di Era Baru Pendidikan

 

"Terima kasih Bapak Prof.Renalf Kasali"

 Memasuki era baru memang tidak mudah bagi seorang guru,alias tidak terbiasa atau karena gaptek.Juga karena guru tidak punya fasilitas yang memadai seperti HP,Laptop,Komputer,dll.Sehingga Guru mengeluh dan Orang tua juga mengeluh karena tidak terbiasa menjadi guru namun tetap harus terlibat dan tidak berserah begitu saja kepada guru karena bagaimanapun juga anak lebih menurut kepada Guru daripada orangtuanya di rumah dan itu semua butuh proses.Orang tua harus bekerja ekstra karena tuntutan keluarga,karena selain bekerja juga harus meluangkan waktu untuk mendampingi dan membimbing anaknya. 

Anak harus mendapat motivasi selama belajar dirumah karena anak-anak sekarang sendiri tanpa teman dan tidak ada ukuran dari diri (mengukur kemampuan dengan temannya dan hilangnya suasana  sekolah.Jika situasi seperti ini Kita rasa mudah,kita akan auto pilot ,tidak ada perubahan dan pembaharuan maka harus ada komitmen , konsistensi ,dan kesulitan kita sebagai guru dalam bekerja.Perlu ada kesulitan-kesulitan ang harus kita tempuh untuk energi kita karena Dunia ini muncul karena ada kesulitan terlebih dahulu.
Seperti contoh "Dahulu cuma orang-di kerajaan Napoleon saja yang bisa makan cokelat dan jumlahnya sangat sedikit,Dengan Tehnologi akhirnya siiring perjalanan waktu semua orang dapat menikmati cokelat dimanapun dan kapanpun kita dengan mudah bisa mendapatkan cokelat untuk di makan.Kita perlu kesulitan-kesulitan namun jangan itu dijadikan penghalang dalam kehidupan kita.

Seperti yang diketahui ada 2 jenis  Game
Yang pertama itu ada game sesaat Menang-menangan seperti :sepak bola,basket,catur,dll.ini adalah permaiann yang waktunya singkat/terbatas/jangka pendek,ada aturan main dan sudah jelas pemenangnya dan yang kalah.
Yang kedua ada permainan sepanjang hayat (Kehidupan,Karier,Profesi,Perkawinan,cinta yaitu permainan Kehidupan itu sendiri :permaian yang tidak akan pernah berakhir meskipun kita meninggal dunia dan akan dilanjutkan oleh ketturunan anak cucu kita.Menjadi guru iu sebenarnya prosesnya panjang,karena kita harus terus belajar,memahami,belajar dan terus belajar.Sama halnya seperti pernikahan yang juga tidak ada akhirnya semua adalah proses belajar sepanjang hayat.Pendidik adalah penjelajah game sepanjang hayat demi peradaban dan kemajuan bangsa.

Contoh lain seperti pandemi yang sering terjadi seperti virus,bakteri parasit dalam kehidupan ini sebagai manusia kita harus bisa beradaptasi jika virus-virus itu bermutasi dari masa ke masa jika terpaksa atau dipaksa maka yang biasa akan menjadi terbiasa dan mahir asal kita tekun dan selalu bisa menyesuaikan diri.

Contoh lain otak manusia terus berubah yaitu Jaman purba ada homo erectus menemukan api dan api membuat manusia bisa memasak protein membuat panjang usia dan otaknya berkembang.Jika masa lalu hanya ada hitam putih dan hanya menghafal sekarang berbeda sekali semua penuh warna,aktif,partisipatif kreatif dan fun.
Berikut perbedaan pendidik dulu dengan pendidik sekarang:


Ada 3 zona waktu 


(Nelson Mandala)Pendidikan adalah senjata yang paling ampuh untuk mengubah dunia.Selain itu ada Ki Hajar Dewantara (1922)yang menyebut Bahwa sekolah taman siswa adalah taman dengan memakai suasana  bermain berbentuk circle.
Ada 3 jenis belajar sambil bermain
1.Main motorik kasar dan halus
2.Main peran
3.Main bangunan
Selain itu ada sentra bahan alam 


Jika seni tidak disandingkan dengan tehnologi maka akan ketinggalan jauh seperti dulu pelukis kalah dengan fotografer jaman sekarang karena ada tehnologi semua bisa diatasi dengan mudah dan murah.Perubahan tehnologi sangan meringankan biaya,Kalau mendidik dengancara lama anak-anak akan menjadi apa?Jadi burung dara atau Rajawali?Jika menjadi burung dara  sama artinya kita memakai tehnik lama dan anak tidak akan berkembang,hanya belajar disatu tempat tidak bisa jauh dari tempatnya,berbeda dengan Rajawali yang terbang bebas belajar mencari pengalaman keluar. contohnya seperti Billgates (penemu Microsof dan Steve jobs penemu Apple pixer adalah mereka yang melakukan Eksplorasi menemukan dunia baru.

7 Elemen dari self Driving for teacher
1.Manusia harus membangun disiplin diri 
2.Semangat mengexplor(mengambil resiko dari hal-hal yang baru)
3.Mentalitas jadi pemenang bukan pecundang
4.Berfikir simple(anti ribet) guru harus bisa membuat hal-hal yang rumit menjadi sederhana
5.Berfikir kritis
6.Berfikir kreatif
7.Midset yang berkembang

Ketrampilan yang harus dimiliki sekolah dan pendidik yaitu
*Ketrampilan berfikir(berpikir kritis dan kreatif,pemecahan masalah,pengambilan keputusan,pengolahan informasi)
*Ketrampilan personal(komunikasi,kerjasama,motivasi,integritas,kemampuan adaptasi)
*Ketrampilan profesional(dasar-dasar bisnis,pengetahuan industry,ketrampilan teknis,Ketrampilan digital(literasi digital,pemahaman tehnologi baru,pembelajaran online)

Taxonomi Bloom(Benjamin Samuel Bloom,1956)
Pebedaan pendidikan lama dan pendidikan baru yaitu
*Low order thinking skills(Mengingat/remembering)(Memahami/understanding)(Menerapkan/Applying)
*High order thingking skills(Menganalisa/Analyzing)(Mengevaluasi/Evaluating)(Menciptakan/creating)

Jadi sistem pembelajaran aplikasi taxonomy bloom:
-Pengetahuan dalam satu disiplin
-Di praktekkan dalam satu disiplin
-Dalam lintas ilmu
-Penerapan dunia nyata dalam situsi terprediksi
-Penerapan dunia nyata dalam situasi yang berubah

Jadi kesimpulannya sebagai Guru Jika Menerapkan suatu kebijakan harus multi disiplin


Ni Nyoman Seriati S.Pd.AUD
seriati14.blogspot.com

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Satua Bali Ni Timun Mas

Guru "MERDEKA"melalui Aplikasi Game

RESUM WEBINAR KANGGE KENYEM RARE BALI